Slide show

[people][slideshow]

Featured post

Kumpulan Ceramah Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat

Technology

Breaking News

Populars

Tips dan Cara suskses membina keluarga sakinah dalam Islam

Cara suskses membina keluarga sakinah
Assalamu’alaikum Wr Wb
Terlebih dahulu pasangan suami-istri harus mengenal Allah SWT secara baik dalam hatinya, sehingga merasa dekat dan akrab pada saat bermunajat kepada Allah.
doweer.blogspot.co.id
Maka mereka merasakan :
- manisnya berzikir
- lezatnya berdoa
- indahnya bermunajat dan
- teduhnya khidmat kepada Allah
Tidak ada yang mendapatkan itu kecuali orang yang telah memiliki ilmu pengetahuan yang cukup tentang ajaran Islam dan diwujudkan dalam realita ketaatan kepada Allah SWT, baik dalam keadaan sepi maupun ramai. Allah SWT berfirman dalam surat Fathir ayat 28 :
doweer.blogspot.co.id

Bila masing-masing pasangan berbekal ilmu yang bermanfaat, maka akan tumbuh cinta kepada Allah yaitu :
-    Benar-benar cinta kepada Allah,
-    Benar-benar takut kepada Allah secara jujur, dan
-    Benar-benar berharap hanya kepada Allah.

Apabila seorang hamba telah mengenal tuhannya dengan pengenalan secara khusus, maka bila meminta kepada-Nya akan diberi dan dikabulkan. Seorang hamba pasti menghadapi kesulitan dan kesedihan, baik didunia, alam kubur maupun di alam akhirat. Jika seorang muslim telah memiliki ilmu yang mampu menumbuhkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah, maka semua rintangan akan menjadi ringan dan Allah pasti akan mencukupinya, seperti firman Allah dalam surat Ath-Thalaq ayat 65 :


Sesungguhnya ilmu yang bermanfaat hanyalah ilmu yang bersumber dari kitabullah dan Sunnah Rasulullah serta Ijma’ para sahabat. Seperti yang telah ditegaskan Imam Adz-Dzahabi, “Kami memohon kepada Allah ilmu yang bermanfaat, tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan ilmu bermanfaat? Yaitu ilmu yang datang dari Al-Quran dan dijelaskan Rasulullah melalui ucapan dan perbuatannya serta tidak ada dalili yang melarang untuk mempelajarinya.
    Ilmu yang bermanfaat hanyalah ilmu yang mampu mengenalkan seseorang kepada Allah SWT secara benar dan ilmu yang mampu menunjukkan seorang hamba dekat dengan tuhannya, sehingga mereka akrab dan saat beribadah seakan-akan melihat Allah SWT, sehingga Imam Ahmad menegaskan, “Sumber ilmu adalah rasa takut kepada Allah”.
    Dasar dari ilmu adalah ilmu tentang Allah, yang mampu menumbuhkan :
-rasa taku,
-rasa kecintaan,
-rasa kedekatan,
-rasa keakraban, dan
-rasa kerinduan kepada Allah.

Kemudian ilmu tentang hukum-hukum Allah yang berhubungan dengan apa-apa yang diridhai dan dibenci Allah baik berupa :
-ucapan,
-perbuatan,
-tindakan, dan
-keyakinan.

Apabila masing-masing pasangan, baik suami ataupun istri dalam mengarungi bahtera rumah tangga berbekal dengan ilmu yang bermanfaat dan rasa takut kepada Allah, maka bahtera akan berlayar dengan selamat sampai di pulau impian.
Rintangan dan ketegangan hidup rumah tangga sebesar apapun, bila diselesaikan dengan dasar ilmu yang bermanfaat, mendekatkan diri kepada Allah, dan menghadapi segala problematika hidup dengan bekal takwa dan sabar, pasti akan mendapatkan jalan keluar. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 120 :
doweer.blogspot.co.id
demikianlah cara supaya sukses untuk membina keluarga sakinah, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin...
Wassalamu'alaikum Wr Wb








Tidak ada komentar:

vehicles

[cars][stack]

business

[business][grids]

health

[health][btop]