Slide show

[people][slideshow]

Featured post

Kumpulan Ceramah Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat

Technology

Breaking News

Populars

Tata Cara mengerjakan Shalat Taubat Nasuha

Assalamu'alaikum Wr Wb
Shalat Sunat Taubat adalah shalat yang dusunatkan, Shalat ini dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa berbuat dosa, lalu bertaubat kepada Allah SWT. Bertaubat dari sesuatu dosa artinya menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya, dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah. 
Shalat taubat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana sabdanya yang artinya : "Setiap orang yang pernah berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan berwudu', kemudian shalat lalu memohon ampun dari Allah, pasti Allah akan memberikan ampunan baginya. Setelah itu dibacanya Surah ini : "Mereka yang pernah mengerjakan kejahatan atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri, lalu mereka segera ingat kepada Allah, terus memohon ampunan atas dosanya. Siapa pula yang akan mengampuni segala dosa kalau bukan Allah. Sudah itu mereka insaf dan sadar bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa seperti yang sudah-sudah, maka mereka itu akan diganjar dengan suatu pengampunan dari Allah dan akan diberi pahala dengan surga dimana dibawahnya mengalir air sungai-sungai, disitulah tempat mereka kekal abadi". (HR. Abu Daud, Nasa'i, Ibnu Majah dan Baihaqi).
Shalat Taubat Nasuha
Tata cara shalat sunah taubat nasuha:
Membaca niat

Artinya: “Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Allah Ta’ala, Allah Maha Besar ”. 

 Membaca surat Al- fatihah
Setelah membaca niat, lanjutkan dengan takbir dan kemudian membaca surat Al-fatihah.

Membaca surat pendek, Kemudian baca surat pendek setelah selesai membaca surat Al-fatihah. Pada rekaat pertama dianjurkan membaca surat al-kafiruun, dan pada rekaat kedua membaca surat al-Ikhlas.
Pengerjaannya sama seperti sholat biasanya, dengan Jumlah Raka'atnya 2, 4 sampai 6 raka'at, dan shalat sunat taubat ada i’tidal, ruku’, dan sujud dan salamnya juga. Setelah selesai melakukan sholat taubat nasuha, kemudian berdzikir dengan membaca tahlil. Tahmid, dan istigfar. Perbanyaklah untuk membaca istighfar sebagai bentuk permohonan ampun kita kepada Allah.
Istighfar

Artinya : "Saya memohon ampun kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Hidup lagi Berdiri sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya".

doa shalat taubat
Artinya : "Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan aku lah hambaMu. dan akupun dalam ketentuan serta janjiMu sedapat mungkin aku lakukan. Aku mohon berlindung kepadaMu dari segala kejahatan yang telah Engkau ciptakan, aku mengakui nikmatMu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan dari segala kejahatan yang telah kulakukan".

Setelah kita selesai berdzikir dan beristigfar dan mengakui segala dosa-dosa, maka lanjutkanlah dengan membaca doa taubat nasuha, dan doa yang ingin kita panjatkan tersebut adalah doa permohonan ampun kita kepada Allah SWT bahwasanya kita benar-benar mengakui kesalahan kita dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi pada hari yang akan datang. Setelah sholat taubat nasuha kita laksanakan, hendaknya kita mulai merubah diri, baik dari sikap maupun sifat kita dari yang buruk menjadi yang baik, memperbaiki ibadah kita lagi, dan memperdalam ilmu agama sebagai bekal kita ke akhirat nanti. Allah itu Maha Pengampun Maha Pemurah, sebanyak apapun dosa yang telah kita lakukan pasti akan diampuni oleh-Nya. Namun jangan sampai kita lengah dan sombong sehingga kita tidak mau menyadari kesalahan kita dan tidak sesegera mungkin bertaubat.

Kita tidak akan pernah tahu kapan tutup usia kita, belum tentu kita mati pada usia tua, belum tentu kita ada kesempatan kedua. bisa saja kita mati setelah ini atau nanti atau kapan Allah pagil kita, sesungguhnya setiap yang bernyawa itu pasti akan mati, dan bertaubatlah dengan taubat nasuha atau tobat dengan sebenar-benarnya tobat, karena  Allah telah menjanjikan kepada mereka yang mau bertaubat yaitu ampunan-Nya, surga, dan pahala yang baik untuknya. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu yang masih ada ini untuk segera bertaubat kepada Allah menyadari kesalahan kita dan memperbaikinya.
Demikian artikel Tata Cara mengerjakan Shalat Taubat Nasuha ini dibuat semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

vehicles

[cars][stack]

business

[business][grids]

health

[health][btop]